TIPS KULIAH ALA AKU

jadi aku perkenalan dulu ya, aku mahasiswi masuk smst 7, disalah satu kampus swasta, and yes my gpa is higher than 3.8, aku anak teknik infomatika ya guys. jadi cerita sedikit dulu dah ya gambaran kuliahku selama ini kayak gimana
aku kuliah ratarata 20sks, dan persemesternya selalu punya 3-5praktikum ya, jadi setiap hari selalu praktikum, paling telat pulang praktikum itu jam 10 malem ya btw, karna kampusku memang masih ada jam malam untuk praktikum
dikampus setiap praktikum harus ada jurnal, laporan, dsb nya gt lah ya kalo yg anak teknik pasti sama sama ngerti kok. intinya jumat sabtu minggu selalu dihabiskan dengan ngerjain tugas depan laptop. karna ngoding memang pasti begitu
aku juga jadi salah satu asisten dosen ya dikampus, aktif beberapa organisasi juga, dan ambil part time juga. terus bagi waktunya gimana kak? ok pertama aku bakal ceritain berdasarkan aku aja ya, tidak pake google. pure yg aku jalanin aja, tidak memaksa siapapun untuk setuju

1. Soal Belajar Aku anaknya bukan anak yg tahan belajar berjam jam, aku juga bukan yg belajar h-min jauh jauh, sering SKS juga kok. Tapi, aku selalu merhatiin dosen dikelas. Iya, aku duduk didepan juga setiap ngampus. Bukan carmuk, emang kalo dibelakang tuh magnetnya tidak baik
didepan ngantuk ga? ya jelas, nahan banget, aku bukan anak yg excited pada suatu matkul gila aje siapa juga yang doyan ketemu koding sama hitungan semua. Tapi aku selalu berusaha merhatiin, dan yang utama adalah nyatet. Ini kebiasaan yg sering susah dilakuin orang orang
kebiasaan "foto foto papan" "pinjem catatan temen aja" no no, kurangin dari sekarang. Ketika kamu mendengar, menulis, dan membaca ulang saat selesai nulis, itu tertanam loh di otak, dan biasanya akan berguna kalo pas ujian tbtb keinget aja gt waktu itu nulis apa
aku juga selalu nulis apapun yg dosenku omongin, gasemuanya, tapi emang yg penting penting aja. kalo lagi rajin ya semua yg related sm matkul aku catet, karna dosen sukanya ngajar dari barat ke timur, dari timur keselatan materinya kemana mana, ambil yg penting aja pokoknya 
nah keuntungan kalo kamu udah nyantet, kalo yang aku rasain jadi lebih gampang ngerti dan hafal kalo pas baca ulang lagi, makanya aku suka SKS aja haha. "terus kalo dosennya ga pernah jelasin cuman ngasih bahan gimana?" memang sering terjadi. mengingat kita bukan lagi anak SMA,
mandirilah guys. aku kalo deket deket ujian bacain semua PPTnya sih, yang penting penting aku tulis ulang dikertas. aneh ya? engga. karna menurutku, setelah baca, tulis ulang yg menurutmu penting, dan dibaca baca lagi itu lebih nempel ajasi kalo aku.

"kalo matakuliah itungan gimana?" layaknya orang2 umum ya banyak banyak latihan soal dong, kalo kamu ga ngerti, bergerak, tanya temenmu, cari soal2, jangan diem pasrah! baca pelan2, coba lagi. aku kalo ada temen yg kesulitan selalu bersedia ngajarin kok, gausah sungkan
temenmu kalo kamu minta ajarin baik baik pasti mau kok, biasakan kalo minta tolong baca atau coba dulu seenggaknya, biar yg ngajar tidak gemas menahan emosi. intinya kalo kamu ngerasa kurang, gerak, jgn nunggu pertolongan, tapi cari pertolongan

twitter: @skincarenira

Comments

Popular Posts