Nulis

Hii guys, akhir-akhir ini gue jarang banget ngepost tulisan gue. Yaps, gue lebih sering menyimpannya di draft, mungkin karna gue ga PD untuk mem-publikasikan-nya. Entah karena tulisan gue garing atau emang ga ada yang bisa di ceritain.

Gue mau ngeshare tentang pertama kali gue nulis blog nih guys, pertama kalinya juga gue bikin blog. Awal gue nulis itu karena gue suka baca novel, pasti kalian bingung apa hubungannya, jadi gini waktu itu gue sampai di titik jenuh baca novel. Entah kenapa, ada difikiran gue "kenapa gue ga nulis aja" Menurut gue sih baca itu keren, tapi nulis itu hebat! dari situ gue mulai kefikiran untuk nulis blog. Kenapa ga nulis novel? Yekali, pengalaman buat nulis aja blom ada pake gaya nulis novel.

Nulis itu, ga semudah fikiran kalian loh. Karena dulu gue juga sempet mikir nulis itu mudah. Gue pertama kali nulis, bisa sampe menghabiskan waktu 3 jam untuk menyusun kata-katanya, dan yang gue fikirkan gimana mengolah kata biar jadi ga garing kayak kanebo kering.

Menghabiskan waktu berjam-jam untuk menulis pasti sangat membuat jenuh atau mungkin membuat lo berfikir kenapa gak berhenti menulis aja. Jadi saran gue buat lo yang jenuh saat menulis adalah tetap nulis! Jangan pernah berfikir kalau tulisan lo garing atau ga enak dibaca, karena itu hanya bisa membuat kalian pesimis.

Topik tulisan juga sangat penting untuk menulis, bagi lo yang bingung memilih topik tulisan. Lo bisa mengambil topik dari keseharian lo sendiri. Misalnya kalian biasa nahan berak setiap pagi. Nah, bisa di pake buat topik tulisan kalian "naber". Ga mungkin kan hidup lo lurus-lurus aja. Pasti ada dong kePEAan yang coeg abis, entah itu dari temen lo atau mungkin emang lo sendiri yang pea. Intinya topik tulisan juga bisa diambil dari keseharian atau bahkan pengalaman lo.

Selain topik, kalian juga perlu memperhatikan kata demi kata. Kata-kata yang gue maksud disini adalah kata-kata penulisan yang lo pake buat nulis. Faktor yang satu ini juga bisa membuat orang betah membaca tulisan lo. Bayangin deh kalau tulisan 4lay. Apalagi kalau lo bacanya sambil sikap lilin pasti belom dibaca, udah langsung kalian tutup.

Karena gue juga masih newbe dalam urusan nulis menulis. jadi segitu aja yang bisa gue share ke kalian. Kalau masih ada yang bingung comment aja guys ^^






Comments

Popular Posts